Jangan Bingung, Ini Lho Bedanya 7 Macam Make Up Remover Yang Tersedia Di Pasaran


Jangan Bingung, Ini Lho Bedanya 7 Macam Make Up Remover Yang Tersedia Di Pasaran


Image result for macam macam make up remover

Semakin banyak saja ya, produk kosmetik di luar sana. Moisturizer ada banyak jenisnya, begitu juga toner, cleanser, make up remover entah berapa macam juga. Tunggu, make up remover tidak sama dengan cleanser kah ? Sebenarnya berbeda. Cleanser itu pembersih wajah dari kotoran dan minyak. Sedangkan make up remover sesuai dengan namanya bertugas mengangkat make up di wajah. Make up remover yang bagus harus bisa menghapus seluruh make up termasuk primer, sunscreen, maskara, dan eyeliner waterproof, serta lip tint tanpa membuat kulit terasa kering.
Sama seperti produk kosmetik yang lain, make up remover pun banyak macamnya. Setidaknya terdapat tujuh bentuk make up remover yang lumrah digunakan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Apa saja ? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini !

7 Jenis Make Up Remover

1. Cleansing Balm
Image result for cleansing balm


Biasanya nama produknya cleansing balm. Bentuknya padat empuk seperti balsam, pada beberapa merek disertakan spatula di dalam kemasan untuk mengambil produk. Kalau terkena permukaan kulit si balm ini akan meleleh. Cleansing balm dapat mengangkat make up hingga benar-benar bersih bahkan maskara dan eyeliner waterproof. Bagusnya, make up remover serupa balsam ini memiliki sifat moisturizing sehingga cocok sekali untuk kulit kering dan sangat kering. Namun, bagi pemilik kulit yang pori-porinya rentan tersumbat sebaiknya hati-hati karena cleansing balm kadang mengandung bahan-bahan yang menyumbat pori.


2. Milk Cleanser
Image result for milk cleansing


Teksturnya cairan kental seperti lotion, dan merupakan emulsi dari minyak dan air. Susu pembersih dapat digunakan untuk membersihkan make up, namun kurang tandas karena cenderung licin di kulit. Cleanser jenis ini lembut untuk  membersihkan area mata namun kurang powerfull untuk make up dekoratif yang tahan air. Umumnya kita menggunakan susu pembersih dengan cara memijatnya pada wajah lalu diusap dengan kapas. Itu salah. Gerakan mengusapkan kapas justru akan menekan kotoran yang larut dalam milk cleanser kembali ke pori-pori. Yang benar adalah membilas si susu pembersih menggunakan air.


3. Cleansing Gel
Image result for cleansing gel
Make up remover berbentu gel cocok untuk kulit berminyak atau kulit sensitif. Karakternya yang ringan namun kenyal terasa lembut di kulit. Biasanya cleansing gel juga memiliki efek soothing yang menyejukkan. Namun sayangnya, cleansing gel kurang bisa diandalkan untuk menghapus make up yang tahan air.


4. Cleansing Oil

Image result for cleansing oil

Salah satu make up remover yang paling powerfull adalah yang berbentuk minyak. Cleansing oil sanggup meluruhkan seluruh make up di kulit dengan efektif dan efisien. Cukup dua hingga tiga tetes cleansing oil dapat membersihkan seluruh wajah termasuk maskara dan eyeliner yang tahan gosok. Cleansing oil, meskipun bentuknya minyak cocok digunakan semua jenis kulit. Namun tetap perhatikan ingredients listnya karena biasanya ada juga yang mengandung mineral oil dan paraffinum liquidum yang rentan menyumbat pori. Minusnya lagi, cleansing oil cenderung kurang nyaman untuk membersihkan area mata.


5. Oil-Water
Image result for cleansing oil water


Berbeda dengan milk cleanser yang merupakan emulsi minyak dan air, make up remover jenis oil-water yang ini bukan emulsi. Kalau kamu sering melihat eye & lip make up remover yang terdiri dari dua lapisan dalam satu botol, nah itu dia. Minyak di bagian atas dan air di bagian bawahnya, lalu dikocok dulu sebelum dituang ke kapas. Sebenarnya make up remover jenis ini relatif lebih nyaman digunakan untuk membersihkan area mata dan bibir, dan bisa mengangkat make up waterproof. Namun boros. Tidak cukup hanya dua atau tiga tetes untuk membersihkan seluruh wajah.


6. Cleansing Water
Image result for cleansing water
Atau micellar water. Jenis ini merupakan make up remover paling nyaman. Riasan dapat terangkat meskipun perlu perhatian ekstra pada make up tahan air, wajah tidak terasa berminyak ataupun kering setelahnya. Namun micellar water tidak efisien. Untuk riasan sehari-hari saja paling tidak kamu akan membutuhkan lima lembar kapas hingga wajahmu bersih sempurna. Tandanya wajah sudah bersih ? Kalau kapas tetap terlihat bersih setelah digunakan mengusap wajah.

7. Cleansing Wipes
Image result for cleansing wipes

Bukan tisu basah biasa ya yang dimaksud. Make up remover berbentuk tisu banyak kini banyak beredar karena sangat praktis. Tidak dibuat untuk pemakaian sehari-hari, cleansing wipes diperuntukkan bagi traveller yang repot jika harus membawa-bawa micellar water. Daya bersihnya tidak cukup untuk make up berat, jadi hanya gunakan di saat darurat saja ya








Sumber :

Komentar

Postingan Populer