Perbedaan Essence, Serum, Booster Serta Cara Pakainya


Perbedaan Essence, Serum, Booster Serta Cara Pakainya

Bagi yang baru pertama kali mulai terjun ke rutinitas perawatan wajah, pasti akan bingung ketika pertama kali membeli produk skin care. Banyak istilah-istilah yang kurang umum dan terdapat pada produk-produk tersebut. Biasanya produk skin care yang berasal dari Korea yang memiliki beragam jenis istilah dalam produk perawatan kulitnya, seperti essence, serum, emulsion, refiner, moisturizer, dan masih banyak lagi. Saya pun lama untuk beadainnya hehehe 😊.  Nah kali ini saya akan membahas istilah yang sering buat orang bingung membedakannya.
Essence


Essence biasanya ringan, memiliki konsentrasi lebih rendah daripada serum. Formulanya bisa berupa gel ataupun krim atau bahkan ada yang cair. Essence ini menjadi bagian utama dari perawatan skin care Korea. Anda bisa menggunakan essence setelah memakai toner/refiner. 

Serum 



serum biasanya memiliki konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi dibandingkan produk lain seperti pelembap dan bisa memiliki bahan dasar air atau minyak. Memiliki partikel lebih halus dari pelembap sehingga bisa menyerap hingga ke dalam lapisan kulit. Dipakai setelah membersihkan wajah dan menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembap. Begitupula dengan essence, ampoule dan booster – memiliki karakteristik yang sama.
Apakah serum dan essence berbeda? Ya dan tidak. Hal tersebut tergantung pada merek pembuatnya. Pada kasus produk perawatan wajah dari Jepang dan Korea, kebanyakan akan menggunakan istilah essence untuk produk yang sama khasiatnya dengan serum. Penamaan produk dengan serum jarang digunakan.
Serum memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada essence. Serum biasanya memiliki keunggulan atau manfaat dalam menangani kondisi kulit tertentu, misalnya melawan tanda-tanda penuaan, atau kaya akan kandungan anti-oksidan. Cara pemakaian serum adalah sebelum penggunaan moisturizer. 

Booster

Kalau yang satu ini adalah my new addiction! Booster, atau juga disebut sebagai pre-essence atau pre-serum (lebih sering disebut sebagai yang pertama) bukan pengganti dari serum atau essence, akan tetapi lebih sebagai produk tambahan, dipakai sebelum serum dan/atau essence.
Tekturnya sendiri bermacam-macam – dari cairan, lotion agak kental sampai dengan gel atau lotion. Tapi tujuannya satu: untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit dan juga membuat produk perawatan wajah yang Anda pakai meresap lebih gampang dan bekerja lebih baik.




Komentar

Postingan Populer